Rabu, 24 Februari 2010

HARDSKILL YANG WAJIB DIMILIKI SETIAP INDIVIDU PROFESIONAL

Dari beberapa kunci keunggulan yang bisa membantu dalam kesuksesan bekerja salah satunya adalah kompetensi diri tau biasa dikenal dengan istilah hardskill. Secara mendasar pada setiap manusia mempunyai kelebihan dan keistimewaan sendiri yang bisa menjadi modal sebuah kompetensi diri.
5 jenis kompetensi diri :
1. Kompetensi Teknikal
2. Kompetensi Sosial
3. Kompetensi Konseptual
4. Kompetensi Etika
5. Kompetensi Pembelajaran
Jika posisi yang sedang dijalanai sekarang berada pada tingkat pelaksana/staf maka kompetensi diri yang harus dimiliki adalah Kompentesi Teknis dan Kompetensi Sosial
Kompetensi Teknikal adalah kompetensi untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan rancang bangun.
Artinya seorang pelaksana harus mampu mengerjakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku atau desain kerja yang sudah dibakukan atau biasa disebut dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)
Misalnya pada sebuah bank, seorang Customers Service harus mengikuti prosedur standar ketika menghadapi seorang nasabah, mulai dari cara menyapa, menanyakan permasalahan dan tingkat kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan. Dengan kompetensi teknikal yang terlatih maka seorang pelaksana akan memiliki performa yang sangat baik.
Kompetensi kedua yang harus dimiliki oleh seorang pelaksana adalah Kompetensi Sosial. Kompetensi ini berkaitan dengan kecerdasan emosional (emotional intellegent) Kompetensi sosial meliputi kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. Seperti : bagaimana mengemukakan pendapat, mendengarkan pendapat orang lain, memberi respon kepada orang lain. Secara khusus kemampuan ini sangat diperlukan pada bagian marketing, bagaimana menjelaskan keunggulan produk yang ditawarkan dengan sikap yang ramah, jelas dan informatif.
Kemampuan bekerjasama sangat diperlukan terutama jika bekerja pada sebuah tim atau kelompok. Kerjasama dan kekompakan dalam sebuah tim akan menentukan kinerja dan performa tim.
Kompetensi Sosial ini akan menjadi kunci untuk menjalin hubungan dengan atasan, rekan kerja, bawahan, kolega dan semua orang yang berhubungan dengan pekerjaan.
Kompetensi yang ketiga adalah Kompetensi Konseptual. Kompetensi ini tambahan yang wajib dimiliki oleh seseorang yang telah berada pada tingkat manajerial.
Kompetensi Konseptual adalah kemampuan yang berhubungan dengan perencanaan, pengumpulan informasi/data, pengolahan informasi/data, pemecahan masalah dan terakhir adalah pengambilan keputusan.
Selanjutnya adalah Kompetensi Etikal yaitu kompetensi yang berhubungan dengan nilai-nilai moral dan etika, seperti kejujuran, kesopanan, dan sikap budi pekerti yang luhur. Didalam Ilmu Ekonomi hal ini dibahas secara khusus dalam pelajaran Etika Bisnis.
Kompetensi yang terakhir adalah Kompetensi Pembelajaran. Kompetensi ini adalah kunci yang harus dimiliki untuk memaksimalkan kompetensi diri. Seseorang yang tidak mau belajar maka jangan heran para bawahan dan orang-orang yang dulunya berada jauh dibawah akan melesat mendahuluinya.
Proses belajar tidak hanya didapat secara formal dan berguru kepada orang lain. Proses belajar bisa dilakukan secara mandiri dan bersifat informal, belajar semestinya menjadi kebutuhan pribadi.
Belajar bisa dilakukan dengan cara membaca buku terkait dengan bidang anda, mencari informasi di internet, atau mengikuti, seminar, pelatihan, kursus agar wawasan bertambah.
Wahana pembelajaran lainnnya adalah pendidikan formal dan pengalaman dilapangan saat melakukan pekerjaan.
Sebagai manusia terkadang kita tidak mengetahui apa kekurangan kita dan sampai dimana tingkat kompetensi kita, untuk itu bersikaplah terbuka, jika tidak maka kita akan terkepung didalam diri kita, tidak mengakui kekurangan dan merasa lebih hebat dari kenyataan yang ada.
Dengan bersikap terbuka maka kita akan selalu mengintrospeksi diri sendiri dan melakukan evaluasi untuk kemudian memperbaiki diri.
Untuk mencapai kesuksesan maka diperlukan continuous inprovement dengan mengembangkan kompetensi : knowledge, skill dan attitude. Sehingga terbentuk sikap mental yang disiplin, kreatif, jujur, penuh integritas dengan emosi dan spiritual yang cerdas.

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Home Interiors